MANAJEMEN MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI WONOSARI II
Main Article Content
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah prestasi hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dimana pembelajaran tersebut belum dapat menumbuhkan kemampuan menulis dan memberikan pengalaman belajar yang baik. Terdapat beberapa permasalahan tentang faktor-faktor penghambat yaitu materi bagi siswa masih bersifat abstrak, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang menyebabkan kompetensi dan ketuntasan belajarnya sulit dicapai.
Penelitian ini untuk mengetahui apakah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan media gambar berseri akan meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa SD Wonosari II pada materi pelajaran Bahasa Indonesia dan kompetensi menulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Wonosari II , Wonosari, Gunungkidul. Penelitian terdiri dari 1 kegiatan, maka dapat disimpulkan bahwa terbukti dengan menggunakan metode penugasan dan alat peraga gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi pelajaran menulis           Â