Pelaksanaan Pendidikan karakter untuk meningkatkan nilai kompetensi siswa di SMK Yapenda Berbah Sleman

Main Article Content

Dwi Ahmadi

Abstract

Abstrak

                                                                                                           

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter untuk meningkatkan nilai kompetensi siswa di SMK Yapemda Berbah Kabupaten  Sleman, selain itu juga untuk mengetahui bagaimana hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang dihadapi.

Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif  bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler; (2) nilai-nilai karakter yang sering ditanamkan dalam pembelajaran kompetensi keahlian produktif adalah religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat atau komunikatif, tanggung jawab; (3) dalam evaluasi, guru menggunakan lembar pengamatan akhlak dan kepribadian peserta didik dengan mengacu nilai pendidikan karakter; (4) hambatannya adalah guru tidak dapat memantau kegiatan peserta didik di lingkungan tempat tinggal, upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah dengan menjalin komunikasi dengan orang tua peserta didik.

Kata kunci: pelaksanaan,  pendidikan karakter, peserta didik

Article Details

Section
Artikel
Author Biography

Dwi Ahmadi, SMK Nasional Berbah,Sleman

Kepala sekolah SMK Nasional Berbah,Sleman