Layanan Anak Berbakat Seni melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Budaya

Main Article Content

probo harjanti

Abstract

Abstrak: Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan layanan anak berbakat seni di sekolah-sekolah  umum, melalui kegiatan ekstrakurikuler seni budaya. Anak  berbakat seni, belum mendapat layanan semestinya di sekolah umum, tidak seperti pemilik bakat olahraga, yang sudah mendapat layanan khusus dengan adanya kelas khusus olahraga di beberapa sekolah, jenjang SMP maupun jenjang SMA. Pengembangan dan pembinaan anak berbakat seni, mau tidak mau hanya megandalkan ekstrakurikuler seni budaya di sekolah. Dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yang baik, ekstrakurikuler menghasilkan prestasi pesertanya, baik sebagai juara maupun sebagai pengisi acara kesenian, bahkan ditengarai beberapa sekolah dikenal karena kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakannya. Keberhasilan pembinaan dan pengembangan ekstrakurikuler dengan penerapan manajemen ekstrakurikuler, sehingga peserta ekstrakurikuler seni dapat: a) mengoptimalisasi pengembangan potensi, perluasan minat, juga kesempatan berkembang, b) memperluas pengalaman sosial, bertanggung jawab, internalisasi nilai moral dan nilai sosial, c) mendapatkan pengalaman yang menarik dalam suasana menyenangkan, dan d) mendapat bekal untuk persiapan karir baik untuk melanjutkan pendidikan ataupun bekal berwirausaha.

Kata kunci: bakat, seni, ekstrakurikuler

Abstract: The purpose of this qualitative research is to describe the services of gifted children of art in public schools, through cultural arts extracurricular activities. Arts gifted children, have not received proper services in public schools, not like sports  gifted children, who have received special services with special sports classes in several schools, junior and senior high schools. The development and coaching of children with arts talent, rely on extracurricular arts and culture at school. With good planning, organizing, directing and controlling, extracurricular have resulted in the achievements of the participants, both as champions and as performers of the arts, even some schools are known for their extracurricular activities. The success of coaching and developing extracurricular by applying extracurricular management, so that extracurricular art participants can : a) optimize the development of potential, expand interests, also have opportunities, b) expand social experiences. Take responsibility, and internalize moral values and social values, c) get interesting experiences in a pleasant atmosphere, and  d) getting supplies for career preparation both for continuing education or provision of entrepreneurship.

Keywords: talent, art, extracurricular

Article Details

Section
Artikel
Author Biography

probo harjanti, SMP Negeri 3 Gamping, Sleman, Yogyakarta

guru seni budaya (seni tari)

References

Arif, Muchamad, 2018. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Mengembangkan

Minat dan Bakat Siswa di MA Al Khoiriyyan Semarang. Semarang. Sripsi Tidak diterbitkan

Idrus, Muchammad. 2013. PSIKOPEDAGOGIA Jumal Bimbingan dan Konseling 2013,

Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UAD: Layanan Pendidkan bagi Anak Gifted. Vol. 2, No. 2 ISSN : 2301-6167

Kemdikud Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Pertama. 2019. Materi Bimtek Penguatan Pegelolaan Ekstrakurikuler.Jakarta.¬-

Nurcahyo, Fathan, Hermawan, Hedi Ardiyanto. 2015. Pengelolaan Kegiatan

Ekstrakurikuler di SD/MI/Sederajat di Wilayah Kerja Kabupaetn Kulon Progo Yogyakarta Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, vol 12 no, 93-101

Semiawan, Conny. 1997. Perspektif pendidikan anak berbakat. Jakarta. Gramedia

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suryobroto,B. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rinekas Cipta

Wiyani, Novan Ardy.2013. Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek, dan Strategi). Yogyakarta: Ar-.Ruzz Media

Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Nomor 01 tahun 2019, tentang

petunjuk teknis Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2019/2020).

PERKA NOMOR : 1070/PERKA/2019 Tentang petunjuk teknis Penerimaan Peserta

Didik Baru (PPDB) online SMA dan SMK tahun pejalaran 2019/2020 09/06/2015 Media Center Sleman diunduh pukul 23.24

Riadi, Muchlisin. 2019. https://www.kajianpustaka.com/2019/01/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-ekstrakurikuler.html. Kamis 3 Januari. Diunduh Septembar 2019

https://mediacenter.slemankab.go.id/sleman-buka-kelas-khusus-olahraga-untuk-3-smp-

dan-2-sma/ (pukul 23.24

https://kotayogyakarta.com/kelas-khusus-olahraga/ By cantrik

Tarsidi, Didi. _ .Anak-anak Berbakat dalam Pendidikan.

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195701311986031-NIA_SUTISNA/AB/GIFTED.pdf

https://www.ayobandung.com/read/2017/08/08/22484/empat-ekskul-terunik-di-kota-bandung Empat Ekskul Terunik di Kota Bandung Selasa, 08 Agustus 2017 Arfian Jamul Jawaami