Pengembangan Tes Chemistry Concept Inventory Berbasis Multimedia sebagai Instrumen Identifikasi dan Remediasi Miskonsepsi Termokimia dan Elektrokimia

Main Article Content

Wahyu - Hidayat

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan CD interaktif tes Chemistry Concept Inventory (ChCI) sebagai instrument identifikasi dan remediasi miskonsepsi konsep termokimia dan elektrokimia bagi peserta didik tingkat SMA/MA dan mengetahui kualitas CD interaktif tes ChCI berbasis multimedia yang telah disusun. Kualitas CD interaktif ini didasarkan penilaian guru kimia SMA/MA dan SMK yang mempunyai program studi kimia di DIY.

Pengembangan tes ChCi berbasis multimedia padaa konsep termokimia dan elektrokimia dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer serta penialian oleh reviewer. Instrumen penelitian berupa angket untuk menilai kulalitas tes ChCI yang dihasilkan penilaian dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA dan 2 orang guru kimia SMK yang memppunyai program studi kimia, baik negeri maupun swasta di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian dilakukan berdasarkan 6 aspek penilaian yaitu aspek kebenaran, keluasan, dan kedalaman konsep, aspek kebahasaan yang digunakan, aspek keterlaksanaan, aspek tampilan visual, aspek tampilan audio, dan aspek kemudahan penggunaan. Hasil penelitian berupa data kualitatif dan diubah menjadi kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penialian ideal untuk menentukan kualitas CD interaktif tes ChCI berbasis multimedia.

Produk penelitian ini berupa CD interaktif tes ChCI berbasis multimedia pada konsep termokimia dan elektrokimia yang disimpan dalam bentuk CD. Tes ChCI berbasis multimedia ini terdiri dari 2 komponen yaitu komponen soal dan pembahasan. Berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA dan SMK,, komponen soal memiliki kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 121,86 dari skor maksimal sebesar 145,00. Persentase skor rata-rata tersebut adalah 84,04%. Komponen pembahasan memiliki kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 42,00 dari skor maksimal 50,00. Persentase skor rata-rata tersebut adalah 84,00%. Sehingga secara keseluruhan CD interaktif ini memiliki kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan data tersebut tes ChCI ini dapat digunakan sebagai instrument identifikasi dan remediasi miskonsepsi konsep termokimia dan elektrokimia pada peserta didik tingkat SMA/MA.

Kata Kunci: Tes, kimia, termokimia, elektrokimia, miskonsepsi

 

Abstract:

This research is a development research. This study aims to produce an interactive CD Chemistry Concept Inventory (ChCI) test as an instrument for identifying and remediating the concept of thermochemistry and electrochemistry misconceptions for Senior High School / MA students and knowing the quality of multimedia-based interactive CD ChCI tests. The quality of this interactive CD is based on the evaluation of Senior High School / MA and vocational chemistry teachers who have chemistry study programs in DIY.

Development of multimedia-based ChCi tests on the concepts of thermochemistry and electrochemistry is guided by supervisors and gets input from material experts, media experts, and peer reviewers as well as reviewers by reviewers. The research instrument was in the form of a questionnaire to assess the quality of the ChCI test produced by the assessment conducted by 5Senior High School / MA chemistry teachers and 2 vocational chemistry teachers who had chemistry study programs, both public and private in the Yogyakarta Special Region (DIY). The study was conducted based on 6 aspects of assessment, namely aspects of truth, breadth, and depth of concepts, aspects of language used, aspects of implementation, aspects of visual appearance, aspects of audio display, and aspects of ease of use. The results of the study were in the form of qualitative data and converted to quantitative, then tabulated and analyzed with guidelines for ideal penial category criteria to determine the quality of multimedia-based interactive CD ChCI tests.

The product of this research is a multimedia-based interactive CD ChCI test on the thermochemistry and electrochemistry concepts that are stored on CD. This multimedia-based ChCI test consists of 2 components, namely the questions and discussion components. Based on the assessment of chemistry teachers in SMA / MA and SMK ,, the components of the questions have the Very Good (SB) category with an average score of 121.86 from a maximum score of 145.00. The percentage of the average score is 84.04%. The content component has a Very Good (SB) category with an average score of 42.00 from a maximum score of 50.00. The average percentage score is 84,00%,. So overall this interactive CD has a Very Good (SB) category. Based on these data the ChCI test can be used as an instrument of identifying and remediating the concept of thermochemical and electrochemical misconceptions in Senior High School / MA students.

Keywords: Test, chemistry, thermochemistry, electrochemistry, misconception

Article Details

Section
Artikel
Author Biography

Wahyu - Hidayat, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (Mahasiswa) SMK Giripuro Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah (Pendidik)

Mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

dan

Pendidik SMK Giripuro Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah

References

Andre Rinanto. 1982. Peranan Media Audio Visual dalam Pendidikan. Yogyakarta, Yayasan Kanisius

Arsyad, Ashar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grafindo Persada

Cece Wijaya, dkk. 1992. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Christopher Horton. 2001. Student Preconceptions and Misconceptions in Chemistry Integrated Physics and Chemistry Modeling Workshop Arizona State University, June 2001Version 1.35.

_________________. 2004. Student Preconceptions and Misconceptions in Chemistry (Student Alternative Conceptions in Chemistry)

David W. Oxtoby, dkk. 1999. Prinsip-Prinsip Kimia Modern. Jakarta: Erlangga

D. L. Evans, & David Hestenes. 2001. The Concept Of The Concept Inventory ssessment Instrument. Diakses dari http://fie.engrng.pitt.edu/fie2001/papers/1419.pdf

Gino Erman Agusta. 2008. Identifikasi Pemahaman Konsep Redoks dan Elektrokimia pada Siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta Tahun Ajaran 2007/2008 dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Clock Reaktion Terstruktur. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA UNY

Hardjono Sastrhamidjojo. 2005. Kimia Dasar. Yogyakarta: UGM Press

Lis Permana Sari, 2001. Statistika Terapan untuk Analisis Penelitian Pendidikan Kimia. Yoyakarta: FMIPA UNY

Mekar Retno Sariasih. 2008. Identifikasi Pemahaman Konsep Struktur Atom, Ikatan Kimia, dan Termokimia pada Siswa SMA Negeri 1 Mlati Tahun Ajaran 2007/2008 dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Clock Reaktion Terstruktur. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA UNY

Mulyani Arifin. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya: Erlangga

Mulyono HAM, M.Pd. 2005. Kamus Kimia. Bandung: Bumi Aksara

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset

Ratna willis Dahar. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Debdikbud Dirjen Dikti P2LPTK

Sanger, MJ and TJ Greenbowe. 1997. Common Student Misconception in Electrochemistry: Galvanic, Electrolytic and Concentration Cells. Journal of Science Education and Technology vol 34(4).

Sriyati. 1997. Miskonsepsi Kimia dalam Termokimia, Laju Reaksi, dan Kesetimbangan Kimia pada Siswa Kelas II Caturwulan 1 SMU Negeri Prambanan 1 Tahun Akademik 1996/1997. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA UNY

Stephen Krause, et al. 2004. Development, Testing, and Application of a Chemistry Concept Inventory. Diakses dari http://fie.engrng.pitt.edu/fie2004/papers/1213.pdf