UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL UKURAN BERBASIS SAINTIFIK LEARNING UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN
Main Article Content
Abstract
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL UKURAN BERBASIS SAINTIFIK LEARNING
UNT
Abstrak:.Â
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis tentang kebutuhan dalam meningkatkan kemampuan mengenal ukuran pada anak usia 4-5 tahun, (2) menghasilkan model pembelajaran mengenal ukuran berbasis problem based learning yang layak bagi anak usia 4-5 tahun,dan (3) mengetahui keefektifan model pembelajaran mengenal ukuran berbasis saintifik learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Desain pelaksanaan pengembangan penelitian yang digunakan dikelompokan menjadi 3 prosedur pengembangan yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan dan (3) validasi produk. Subjek uji coba terbatas dilakukan kepada 2 guru Taman Kanak-Kanak PMK Nabati dan 2 guru Taman Kanak-Kanak Aisyah 1 Kebumen. Uji lapangan dan Uji efektifitas dilakukan 100 anak dan 5 guru yang berasal dari Taman KanakKanak Kusuma PGRI, Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari, Taman KanakKanak MNU 09 Tarbiyatul Masytoh, Taman Kanak-Kanak Al-Firdaus, dan Taman Kanak-Kanak PUTRA II. Teknik pengumpulan data menggunakan   lembar validasi, angket respon guru, dan observasi. Teknik analisis data uji efektifitas yang digunakan adalah Paired Samples Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) dalam meningkatkan kemampuan mengenal ukuran pada anak usia 4-5 tahun membutuhkan model pembelajaran yang dapat menstimulus kemampuan mengenal, (2) model pembelajaran mengenal ukuran berbasis saintifik learning yang sudah dikembangkan dapat ditinjau dari kelayakan syntax, materi dan kebahasaanya berkategori “Sangat Baikâ€, (3) pengembangan model yang digunakan memiliki kefektifan dalam penggunaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal ukuran karena hasil uji-t diperoleh hasil sig (p) < 0.05 yang berarti terjadi perubahan yang signifikan antara kemampuan anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan.
Kata kunci: Model Pembelajaran , kemampuan mengenal ukuran berbasi smodel saintifik learning
Abstract: This study aimed to: (1) analyze the needs to improve the ability to understand size in children aged 4-5 years, (2) produce a saintifik learning learning model to understand size that is appropriate - for children aged 4-5 years, and (3) find out the effectiveness of the saintifik learning learning model to understand size.The type of the study is research and development (R & D) useing the development model of Borg & Gall. The design of the research development used was grouped into 3 procedures, namely: (1) preliminary study, (2) development and (3) product validation. The subjects of the limited trial were 2 PMK Nabati Kindergarten teachers and 2 teachers of Aisyah 1 Kebumen Kindergarten. The field tests and effectiveness tests were completed by 100 children and 5 teachers from Kusuma PGRI Kindergarten, Kemala Bhayangkari Kindergarten, MNU 09 Tarbiyatul Masytoh Kindergarten, Al-Firdaus Kindergarten, and PUTRA IIKindergarten. The data collection instruments used validation sheets, teacher response questionnaires, and observation sheets. The data analysis technique of the effectiveness used the Paired Samples Test with a significance level of 0.05.The results showed that: (1) to improve the ability to understand size in children aged 4-5 years, children required a learning model that can stimulate the ability to recognize, (2) the developed saintifik learning learning model to understand
size   was assessed on the feasibility of syntax, material and the language and wascategorized as "Very Good", (3) the model developed was effective to improve the ability to understand size because the t-test results obtained sig (p) <0.05 which means that there was a significant change of the ability of the children between before and after treatment.
Keywords: Learning Model, recognize size, saintifik
UK ANAK USIA 4-5 TAHUN
Article Details
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching,
and assessing: a revision of bloom taxonomy of educational objectives. A
bridge Edition. Addison Wesley Longman: New York.
Arends, R.I. (2013). Belajar untuk mengajar. (Terjemahan Made Frida Yulia). New
York: Mc Graw-Hill. (Buku asli terbitan tahun 2007).
Arends, D., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning: Becoming an
accomplished teacher. Routledge.
Bloom, B.S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956).
Taxonomy of educational objectives: The classification of educational
goals: Handbook I: cognitive domain (No.373.19 C734t). New York, Us:
D.Mckay
Borg & Gall. (2003). Educational research. New York & London. Longman
Charlesworth, R and Lind, K. K. (2010). Math and science for young children.
united of america: Wadsworth Cengage Learning.
Chen, W. (2013). Teaching geometry through saintifik learning and creative
design. Proceeding on the 2013 International Conference on Education
and Educational Technologies. Tersedia (Online) www.google.com
Copley, J. V. (2001). The early childhood mathematics collaborative: Communities
of discourse. Teaching Children Mathematics, 8(2), 100-100.
Cresswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and
evaluating quantitative and qualitative research. Pearson.
Davidson, N., & Major, C.H. (2014). Boundary crossings: Cooperative learning,
collaborative learning and saintifik learning. Journal on Excellence
in College Teaching, 25.
http://www.lhthompson.com/uploads/4/2/1/1/42117203/comparing_there
_types_of_group_work.pdf.
Education Commission. (2013). Math in the early years. The Progress of Education
Reform, 14, 1-7.
Eggen, P & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran. (Terjemahan
Satrio Wahono). Boston.Pearson (Buku asli diterbitkan tahun 1996).
Mefandi.wordpress. com saintifik learning. ( Hosman,2014: 34)
Filipenko, M. & Naslund, J.A. (2016). Saintifik learninglearning in teacher
education. London: Springer. DOI 10.1007/978-3-319-02003-7.