MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR KESIAPAN EKOSISTEM PENDIDIKAN PADA ABAD 21
Abstract
Pendidikan abad 21 mengalami pergeseran dan perubahan yang cukup besar terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Teknologi menjadi sebuah kebutuhan dalam memajukan pendidikan saat ini. Salah satu kebijakan pemerintah Indonesia dalam menghadapi abad 21 melalui program merdeka belajar. Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan merdeka belajar di sekolah dasar terkait kesiapan ekosistem pendidikan dalam mengahadapi pada abad 21. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa implementasi merdeka belajar di sekolah dasar dapat diwujudkan dengan kerjasama dan sinergitas para stakeholder pendidikan termasuk mahasiswa yang mengambil peran dalam program kampus mengajar. Kontribusi dari para stakeholder memberikan dampak yang cukup baik dalam pelaksanaan merdeka belajar terkait kesiapan ekosistem pendidikan pada abad 21.
Kata kunci:, merdeka belajar, pendidikan, sekolah dasar, abad 21.