PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK BUDAYA SEKOLAH DI ERA MERDEKA BELAJAR
Abstract
Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan
penelitian kepustakaan yang berusaha untuk menggambarkan peran teknologi pendidikan dalam
membentuk budaya Sekolah di Era Merdeka Belajar. Berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal dan
dokumen yang relevan digunakan dalam penelitian ini. Kajian ini berfokus pada wacana tentang
karakteristik pendidikan budaya sekolah khususnya di Indonesia, dilihat dari konsep pendidikan,
kurikulum, peran pendidik dan proses pembelajaran, serta bagaimana peran teknologi.
Hasil literatur review ini menunjukkan bahwa Teknologi Pendidikan memiliki peran yang sangat
penting dalam membentuk budaya sekolah seperti dalam domai-domain pemanfaatan teknologi dan ini
berkaitan erat terkait penerapan budaya sekolah, apalagi dalam menyongsong perubahan kurikulum
merdeka belajar yang harus bergerak sangat pesat. Terlihat dari pemanfaatannya produk teknologi
pendidikan seperti E-learning, aplikasi pembelajaran, platform belajar mandiri yang sejalan dengan
tuntutan pendidikan merdeka belajar.
Kata kunci: Teknologi Pendidikan, budaya sekolah, merdeka belajar