STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn DI KELAS V SDN PERCONTOHAN PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Wawan Akbar Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Irene Bethesda Aritonang Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract

Kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi COVID-19 menimbulkan masalah baru bagi
pendidikan anak khususnya di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pembelajaran mata pelajaran PPKn selama di dalam waktu pandemi di SDN Percontohan Pematang
Siantar dengan menggunakan metode blended learning. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Instrumen
penelitian adalah siswa dan guru kelas V SDN Percontohan Pematang Siantar yang melaksanakan
pembelajaran jarak jauh dengan metode blended learning. Penerapan metode blended learning dalam
pembelajaran PPKn menuntut guru untuk kreatif dalam menyediakan platform pembelajaran berupa
link YouTube, video atau powerpoint. Keaktifan siswa di Google Meet dan orang tua mendampingi
siswa selama pembelajaran online sangat membantu kemajuan PJJ selama pandemi.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Blanded Learning , Hasil Belajar Siswa

Published

2022-05-31

How to Cite

Akbar, W. ., & Bethesda Aritonang, I. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn DI KELAS V SDN PERCONTOHAN PEMATANG SIANTAR. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 182–191. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/12362

Citation Check