IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD NEGERI BOGEM 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Nisa Nur’Aini Azizah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
di SDN Bogem 2 Kalasan Sleman Yogyakarta. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
adalah suatu pelaksanaan dari suatu program dalam pendidikan yang bertujuan menjadikan
warga sekolah terutama peserta didik dapat meningkatkan kemampuan literasi dan menjadi
pembelajar sepanjang hayatnya sebagai output dari kebijakan itu sendiri melalui berbagai
kegiatan yang melibatkan berbagai pihak terutama warga sekolah. Jenis penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian meliputi
Kepala Sekolah, Guru, Peserta didik kelas 2 dan kelas 5, dan Petugas Perpustakaan.Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah sudah terlaksana dengan baik.
Bahkan dukungan dari pihak sekolah pun sangat mendukung untuk tercapainya program
Gerakan Literasi Sekolah di sekolah tersebut. Berdasarkan dari penelitian tersebut didapatkan
hasil bahwa dari jumlah anak yang diwawancara sebanyak 26 anak yang dibagi menjadi 2
kelompok yaitu 14 anak untuk kelas 5 dan 12 anak untuk kelas 2. Dari jumlah anak-anak kelas
5 yang diwawancarai yaitu 14 anak jika dihitung menggunakan presentase didapatkan hasil
sebesar 54%. Berarti disimpulkan bahwa sebagian besar siswa di kelas 5 menjawab dengan
jawaban yang hampir sama. Sedangkan untuk anak-anak kelas 2 dengan jumlah responden
sebanyak 12 anak jika dihitung menggunakan presentase didapatkan hasil sebesar 46 %. Berarti
disimpulkan bahwa sebagian dari jumlah siswa di kelas 2 menjawab dengan jawaban yang
berbeda. Dapat disimpulkan bahwa implementasi Gerakan Literasi Sekolah di sekolah tersebut
dapat diterima dan dilaksanakan dengan baik oleh seluruh warga sekolah.
Kata kunci: Implementasi Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Dasar

Published

2022-05-31

Citation Check