PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR PADA ABAD 21
Abstract
Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi sekarang ini sangat
berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Hampir setiap orang mempunyai dan memanfaatkan media
sosial yang ada pada smartphone. Salah satu aplikasi yang sering digunakan yaitu instagram. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui tanggapan peserta didik tentang pemanfaatan instagram sebagai
media pengumpulan tugas IPA materi sistem tata surya di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif yang dimulai dengan kajian literatur terkait dengan pemanfaatan instagram
sebagai media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kuesioner dan observasi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas 6 SD N Dengok Semanu yang
berjumlah 17 anak. Berdasarkan data yang diperoleh, 88,23% setuju memanfaatkan instagram sebagai
media pembelajaran IPA, 70,58% telah terbiasa menggunakan aplikasi instagram pada smartphone
yang dimiliki, dan 100% merasa senang dalam melakukan presentasi yang diposting melalui
instagram pribadinya.
Kata kunci: pemanfaatan instagram, media pembelajaran IPA, abad 21.