EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SCRABBLE SEBAGAI ALAT UKUR KETERAMPILAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SDN 10 ULU MAHUAM
Abstract
Permainan merupakan hal yang disukai siswa sekolah dasar. Upaya guru melihat sejauhmana
penguasaaan kosakata dalam bahasa Indonesia diperlukan sebuah media. Permainan screbble
digunakan sebagai alat ukur terhadap kemampuan siswa kelas 1 umur 6 hingga 7 tahun. Maka perlu
sebuah penelitian untuk meliht efektifitas permainan screbble untuk melihat kemampuan anak dalam
kosakata. Dalam penelitian ini mengadobsi metode kualitatis untuk mendiskripsikan kemampuan anak
dalam menguasai ragam bahasa Indonesia pada ragam kosakata. Hasil penelitian kemampuan yang
ditunjukkan anak yakni berada pada kata bersifat konkret seperti kata benda, keadaan sekitar, aktifitas
yang dijumpai dan hal-hal yang mereka lihat.
Kata kunci: Keterampilan kosakata, Bahasa Indonesia. Kelas 1, Scrabble.