DIGITALISASI ASSESSMEN DI SEKOLAH DASAR DI ERA 4

Authors

  • Wulandari Wulandari SD Negeri Seneng Wonosari, Indonesia
  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Sutrisna Wibawa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Muhammad Arafik Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract

Kualitas pendidikan selalu dilihat dari kemampuan lulusan suatu jenjang pendidikan. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian berfokus pada individu dan keputusannya juga menyangkut individu. Hasil penilaian digunakan untuk kegiatan evaluasi yaitu menentukan apakah program pembelajaran yang dilaksanakan berhasil atau tidak. Dengan adanya program merdeka belajar memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan untuk melaksanakan asesmen sebagai tolak ukur pencapaian belajar peserta didik. Pendidikan di era Revolusi industri 4.0 saat ini menuntut sistem penilaian atau assessmennya memanfaatkan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan assessmen di SD berbasis digital sebagai aktualisasi di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan memanfaatkan data dari fenomena yang terjadi pada sistem digitalisasi pada assessmen di sekolah dasar di Gunungkidul saat ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sistem digitalisasi pada assessmen dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan digital peserta didik di sekolah dasar pada era Revolusi Industri 4.0.
Kata kunci: Digitalisasi, Assessmen, merdeka belajar, Revolusi industri 4.0.

Published

2022-05-31

Citation Check