PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN KONSEP AJARAN TAMANSISWA UNTUK MERDEKA BELAJAR DI ABAD-21
Abstract
Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang ajaran tamansiswa
dalam pembelajaran IPA terpadu khususnya pada jenjang Sekolah Dasar dan mengetahui
dampak apa yang dihasilkan dari ajaran–ajaran tamansiswa dalam IPA terpadu pada jenjang
Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif sedangkan
teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dalam bentuk review literatur
yang dilakukan melalui data dari google cendekia dengan rentang waktu 10 tahun terakhir
yang dicari menggunakan sejumlah keyword terkait. Setelah melakukan penelusuran melalui
data base google cendekia maka diperoleh hasil bahwa tri N (niteni atau mengamati, nirokke
atau menirukan, nambahi atau menambahkan) dan tri Nga (ngerti atau mengetahui, ngrasa
atau memahami, nglakoni atau melakukan) merupakan 2 ajaran tamansiswa yang sering
diterapkan dalam pembelajaran IPA yang tidak hanya diperuntukkan pada jenjang Sekolah
Dasar tapi juga digunakan pad ajenjang yang lebih tinggi.
Keyword : Ajaran Tamansiswa, IPA SD, Tri N, Tri Nga,