PENANAMAN NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Novita Freshka Uktolseja SD Alam Aqila Belitong
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muhammad Arafik Universitas Negeri Malang
  • Nur Wiarsih IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai profil pelajar pancasila melalui pembelajaran tematik yang diintegrasikan dengan model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan partisipan peserta didik dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu project yang dapat dikembangkan untuk menanamkan nilai profil pelajar pancasila adalah project cooking class. Implementasi project ini dilakukan pada pembelajaran tematik bermuatan IPA. Kegiatan cooking class ini sarat dengan muatan IPA yang dapat bermanfaat dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari siswa. Siswa juga mengikutinya dengan senang sehingga siswa lebih mudah memahami pembelajaran. Dengan kegiatan cooking class ini, siswa tidak hanya mempelajari IPA namun juga bisa menstimulus 5 indra, mengembangkan 6 aspek perkembangan anak, memenuhi metode pembelajaran 4C bahkan pembentukan enam elemen profil pelajar pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, bernalar kritis, kreatif dan mandiri.
Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Tematik,, Project Based Learning, cooking class

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-31