MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA: REFLEKSI PERKULIAHAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PGSD UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

Authors

  • Ratna Kartika Irawati UIN Antasari, Indonesia
  • Murniningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Rully Widyanti Eka Putri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • R. Andhika Oetomo Universitas Negeri Makasar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil refleksi dari pelaksanaan perkuliahan perencanaan
pembelajaran di PGSD UST. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa MBKM dari UNM yang mengikuti
perkuliahan perencanaan pembelajaran dengan teknik sampling menggunakan non-probability
sampling, jenis sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 11 orang. Teknik pengumpulan
data dilakukan menggunakan angket dan observasi. Instrumen pada angket dikembangkan sebanyak 10
pertanyaan menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan menggunakan statistika deskriptif
dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase. Hasil refleksi dari pelaksanaan perkuliahan
perencanaan pembelajaran implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di PGSD UST dalam
penelitian ini yaitu rata-rata mahasiswa sangat setuju terdapat lesson learn dalam perkuliahan,
peningkatan pada kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor, peningkatan pemahaman konsep,
pengembangan diri, memecahkan masalah, kemampuan kolaborasi, dan menumbuhkan ide kreatif
untuk mengembangkan perencanaan program.
Kata kunci: MBKM, perencanaan pembelajaran, refleksi

Published

2022-05-31

How to Cite

Irawati, R. K. ., Murniningsih, Eka Putri, R. W., & Oetomo, R. A. . (2022). MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA: REFLEKSI PERKULIAHAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PGSD UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 122–130. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/12370

Citation Check