GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANCAKARYA II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memparkan salah satu budaya sekolah yaitu Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) di SD Negeri Pancakarya II kabupaten Karawang. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Pancakarya II sudah dilakukan
walaupun masih belum konsisten. Upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam mendukung
Gerakan Literasi Sekolah yaitu 1) Menyediakan buku bacaan yang beragam mulai dari buku
cerita, dongeng maupun pembelajaran 2) melaksanakan 15 menit membaca sebelum Kegiatan
Belajar Mengajar / kegiatan pembelajaran dimulai. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam
melaksanakan Kegiatan Literasi sekolah yaitu 1) Belum konsisten dalam penerapan 15 menit
membaca sebelum KBM dimulai 2) Masih kurangnya sarana dan prasarana perpustakaan
3)Adanya pembatasan jam sekolah karena adanya covid-19. Metode kualitatif deskriptif
Kata Kunci: Budaya Sekolah, Literasi Sekolah Dasar