PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 101835 DALAM PEMBELAJARAN PPKn
Abstract
Penelitian ini menawarkan alternatif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui pendekatan contextual teaching learning (CTL) di kelas V SDN 101835 Sibolangit dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui 2 siklus. PTK ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menghitung skor kemandirian belajar, mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 101835 Sibolangit yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian pada siklus awal kemandirian belajar siswa sebesar 49.69 % dengan kategori Kurang Mandiri. Siklus I persentase kemandirian belajar siswa sebesar 60,40% dengan kategori Cukup Mandiri. Siklus II diperoleh persentase kemandirian beajar siswa sebesar 75.80 % dengan kategori Mandiri. Sehingga dapat disimpulkan pendekatan CTL dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas 5 SDN 101835 Sibolangit dalam pembelajaran PPKn.
Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching Learning, Kemandirian belajar, PPkn