MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN PAKEM SISWA KELAS V SD NEGERI 13 PEMALI

Authors

  • Melvi Serlita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Biya Ebi Praheto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract

PAKEM adalah pembelajaran yang aktif bahwa seorang guru harus memantau kegiatan belajar siswa, memberi umpan balik, mengajukan pertanyaan kepada siswa, memanfaatkan modalitas belajar siswa baik yang visual, auditorial dan kinestetik dalam pembelajaran. Kreatif dimaksudkan adalah seorang guru bisa mengembangkan kegiatan yang beragam, membuat alat bantu belajar yang sederhana dan lain- lain. Efektif yaitu seorang guru dalam proses pembelajaran harus mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Menyenangkan maksudnya bahwa dalam proses pembelajaran seorang guru diharapkan tidak membuat siswa takut salah, takut ditertawakan, takut dianggap sepele dengan diselingi kegiatan bermain atau kegiatan yang lain yang membuat anak merasa senang dalam belajar penelitian ini adalah kelas tindaan (PTK), instrumen pengumpulan data observasi hasil belajar. Terbuktilah hasil belajar siklus 1 ke siklus II dari nikaimterendah menjadi tinggi 82,23 ( siklus I ) 97,69 ( Siklus II )
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Pendekatan PAKEM

Published

2022-05-31

Citation Check