PERAN GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ERA OMICRON DAN ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Kebebasan guru dan siswa merupakan esensi dari merdeka belajar yang mampu menciptakan
pendidikan yang berkualitas dan bertaraf internasional. Pembinaan SDM diperlukan dalam menjawab
tantangan di era Society 5.0. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran guru serta tantangan pendidik
dalam mengimplementasikan merdeka belajar dalam meningkatkan pembelajaran matematika di era
Omicron dan Society 5.0. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data
library research. Hasil penelitian (1) merdeka belajar meliputi empat pilar kebijakan (2) makna
merdeka belajar meliputi merdeka berpikir, merdeka berinovasi, belajar mandiri dan kreatif, merdeka
kebahagiaan; (3) Pemahaman makna merdeka belajar dan peran guru dalam merdeka belajar
membantu guru dan siswa untuk bebas berpikir, lebih inovatif dan kreatif dalam pembelajaran.
Penerapan merdeka belajar pada era Omicron dan era Society 5.0, pendidik harus berinovasi dan
memiliki keahlian dalam Artificial Intelligence, Big Data, Internet on Things dan robot. Society 5.0
menjadikan guru lebih inovatif dan menjadikan siswa berpikir kritis dan kreatif.
Kata kunci: Merdeka belajar, Omicron, Pembelajaran matematika, Peran guru, Society 5.0,