EKPLORASI PENERAPAN BUDAYA SEKOLAH KEPADA SISWA DI SD N 30 TANJUNGPANDAN PADA TAHUN 2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan budaya sekolah kepada siswa guna
menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif di lingkungan SD N 30 Tanjungpandan.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V B SD N 30 dengan subjek penelitian adalah guru kelas serta siswa
kelas V B SD N 30. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang
digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap guru dalam menerapkan budaya sekolah yang
terdiri dari nilai-nilai pancasila, budaya 3 S, dan 10 budaya malu. Observasi dan wawancara dilakukan
terhadap subjek yang terdiri dari guru kelas, siswa dan perangkat sekolah lainnya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil dari observasi pada penerapan nilai-nilai pancasila tergolong sudah berjalan
dengan baik, pada penerapan budaya 3 S sudah tergolong sangat baik, dan pada penerapan 10 budaya
malu sudah terlaksana dengan sangat baik.
Kata kunci: budaya, siswa, sekolah dasar.