EFEKTIFITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MATA PELAJARAN IPA SD

Authors

  • Aulia Rahman SDN 101927 Sekip Lubuk Pakam 1, Indonesia

Abstract

Penelitian tindakan merupakan hasil renungan kinerja guru di kelasnya. Adapun pemasalahan
pembelajaran pada kelas II di SDN 101927 Sekip Lubuk Pakam yakni rendahnya motivasi dan hasil
belajar siswa pada materi pengelompokan hewan. Dari hasil pretes diperoleh nilai rata-rata siswa kelas
II mata pelajaran IPA yaitu 61,2. Salah satu penyebab rendahnya minat belajar yaitu kurangnya
penggunaan madia pembelajaran dalam pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini yakni
penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil menunjukkan media kartu bergambar
dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa kelas II pada materi pengelompokan hewan
dengan hasil pengamatan dari antusiasme siswa tiap tahapan pembelajaran serta porolehan hasil
belajar yang memuaskan. Pada pelaksanaan Siklus I menunjakkan hasil ketuntasan belajar yakni 68%
dengan kreteria ketuntasan minimal (KKM) 70 berjumlah 17 orang siswa. Pelaksanaan Siklus II
diperoleh hasil ketuntasan belajar yakni 88% dengan nilai siswa ≥70 berjumlah 22 orang siswa.
Berdasarkan hal itu terbukti bahwa dengan media kartu bergambar efektif dalam peningkatan minat
serta hasil belajar siswa kelas II SDN 101927 Sekip Lubuk Pakam 2022.
Kata kunci: Minat, media kartu bergambar, pengelompokan hewan

Published

2022-05-31

Citation Check