IMPLEMENTASI BUDAYA 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DI SD NEGERI KOTAGEDE 3

Authors

  • Alinia Sari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Biya Ebi Praheto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Rumgayatri SD N Kotagede 3, Indonesia

Abstract

Budaya sekolah atau kultur sekolah merupakan sebuah pola perilaku dan cara bertindak yang telah
terbentuk secara otomatis menjadi bagian yang hidup didalam sebuah komunitas pendidikan. Dasar
pola perilaku dan cara bertindak itu adalah norma sosial, peraturan sekolah, dan kebijakan pendidikan
ditingkat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan implentasi pendidikan
kereakter melalui 5S di SD Negeri Kotagede 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kotagede 3 dalam pelasakanaan magang 1. Sumber data
yang di gunakan dari hasil penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik dan Teknik
pengumpulan data yang digunakan hasil dari observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian dari
pelaksanan budaya 5S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun) yaitu Kegiatan rutin terintegrasi dalam
kegiatan belajar mengajar terlaksana dengan baik, Keteladan sikap guru dalam pelasanan mengajar
tergolong baik dan Siswa dapat menerapkan di dalam lingkungan sekolah dengan baik.
Kata kunci : Pendidikan karakter, Budaya 5S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun )

Published

2022-05-31

How to Cite

Sari, A. ., Praheto, B. E. ., & Rumgayatri. (2022). IMPLEMENTASI BUDAYA 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DI SD NEGERI KOTAGEDE 3. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 29–33. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/12393

Citation Check