INTERNALISASI NILAI BUDAYA MELALUI EKSTRAKURIKULER KEMATARAMAN DI SD NEGERI 2 WATES

Authors

  • Alfi Danu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Ayu Rahayu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • F.X. Suparman SD Negeri 2 Wates Kulonprogo, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler Kemataraman di SD Negeri 2
Wates sebagai upaya menginternalisasi nilai budaya. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Wates Kulonprogo pada 25 Januari sampai 10 Februari 2022.
Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa di SD Negeri 2 Wates telah menerapkan penanaman internalisasi nilai budaya
melalui ektrakurikuler kemataraman yang sesuai dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi. Perencanaan dilaksanakan dengan pengadaan fasilitas, dan sosialisasi. Pelaksanaan
ekstrakurikuler dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai budaya yang dimasukkan ke dalam
budaya sekolah. Sedangkan evaluasi nilai-nilai budaya dilaksanakan dengan mengevaluasi sesuai
analisis hambatan dan solusi penerapan internalisasi nilai budaya melalui kegiatan ekstrakurikuler
kemataraman. SD Negeri 2 Wates telah menerapkan nilai budaya melalui ekstrakurikuler
kemataraman sesuai dengan tahapannya. Namun terdapat hal-hal yang menghambat penerapan
tersebut pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi. Hambatan pada tahap perencanaan
yaitu sekolah belum memiliki tim perencanaan secara terstuktur dan sistematis sehingga berimbas
pada beberapa hal yaitu pengadaan fasilitas, pelaksanaan ektrakurikuler kemataraman yang kurang
optimal, serta tahap evaluasi pada analisis hambatan masih belum menemukan solusi.
Kata kunci: internalisasi nilai budaya, ektrakurikuler kemataraman

Published

2022-05-31

Citation Check