PENERAPAN BUDAYA POSITIF DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA DI SD NEGERI 4 KELAPA KAMPIT

Authors

  • Devi Lestari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Biya Ebi Praheto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Setiowati Setiowati SD Negeri 4 Kelapa Kampit, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan budaya positif pada siswa oleh pihak sekolah di
SD Negeri 4 Kelapa Kampit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa ada beberapa kegiatan rutin yang dilakukan pihak sekolah dalam menerapkan budaya tersebut,
seperti menanamkan pembiasaan positif dengan jumat berkah yaitu berdonasi setiap hari jum’at untuk
memberikan bantuan kepada kalangan yang kurang mampu, menyayikan lagu daerah sebelum mulai
pembelajaran, melaksanakan piket bersama atau kerja bakti di sekolah, melibatkan siswa untuk
menjadi petugas upacara bendera dan mengikuti ekstra kurikuler berupa pramuka dan pencak silat
dalam rangka meningkatkan karakter mandiri siswa, memberikan pertanyaan persoalan masalah untuk
melatih bernalar kritis siswa dalam mengemukakan ide-ide dan gagasan dalam materi pembelajaran,
dan melakukan praktik-praktik pembuatan karya seni, seperti membuat kolase, bunga, dan sebagainya
untuk mengembangkan kreatifitas siswa.
Kata Kunci: Budaya Positif, Karakter, Profil Pelajar Pancasila.

Published

2022-05-31

How to Cite

Lestari, D., Praheto, B. E., & Setiowati, S. (2022). PENERAPAN BUDAYA POSITIF DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA DI SD NEGERI 4 KELAPA KAMPIT. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 70–74. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/12398

Citation Check