ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTM) DI SD N 30 TANJUNGPANDAN

Penulis

  • Cindy Cindy Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Biya Ebi Praheto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Agustiningsih Agustiningsih SD N 30 Tanjungpandan

Abstrak

Selama pandemi covid19 yang dialami oleh negara Indonesia bahkan diseluruh pelosok dunia
banyak mengalami perubahan terutama dalam bidang Pendidikan. Pada masa pandemi seperti
ini Indonesia mengeluarkan peraturan tentang Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas
diseluruh satuan Pendidikan yang telah dibuka sejak bulan juli 2021 melalui keputusan Menteri
Pendidikan dan kebudayaan yang sebagaimana telah ditetapkan kebijakan tersebut. Adapun
yang dapat mendasari pembelajaran tata muka terbatas ini yaitu perlunya dua hal yang dapat
diwajibkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan seluruh siswa dan tenaga
kependidikan telah melakukan vaksinasi dosis kedua kemudian tetap memperketat protokol
kesehatan dengan tetap selalu memakia masker, mencuci tangan,serta dengan menjaga jarak.
Dilihat dari kondisi Pandemi seperti ini Pendidikan cenderung mengalami penurunan dimana
pada saat ini masih memperlakukan pembelajaran dalam jaringan (daring) yang cenderung
tidak mengefektifkan pembelajaran siswa terutama siswa dijenjang sekolah dasar (SD). dan
dalam hal ini pemerintah Indonesia menerapkan praturan pengizinan tentang pelaksanaan
pembelajaran tata muka terbatas (PTM) diseluruh lembaga kependidikan dengan tetap
menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan tetap penerapan 3M disetiap Lembaga
Pendidikan. Dengan adanya pembelajaran tatap muka kembali siswa lebih semngat untuk
belajar disekolah. Dengan sekian banyak hambatan yang telah dilalui selama pembelajaran
darin (online) dan akhirnya Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas ini telah
dilaksanakan di SDN 30 Tanjungpandan.
Kata kunci : pelaksanaan pembelajaran tata muka terbatas (PTM)

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-31