EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MINAT SISWA KELAS V SD
Abstract
Berdasarkan observasi siswa kelas V SDN 250 Sinar Gading II dalam pembelajaran IPA materi panas
dan perpindahannya, masih ditemukan siswa yang tidak aktif dalam belajar. Kurangnya minat siswa
pada materi tersebut disebabkan model yang digunakan guru tidak variatif dan proses belajar berpusat
pada guru, siswa menjadi pasif untuk duduk dan diam. Sehingga perlu diadakan penelitian tindakan
kelas untuk mengatasi permasalahan tersebut, melalui model problem based learning pada muatan IPA
materi panas dan perpindahannya. Hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa
kelas V. Hasil perbaikan ini diperoleh peningkatan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi
minat dan evaluasi sebagai hasil belajar siswa, pada siklus I minat siswa meningkat dengan skor 77%
dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang telah memenuhi kreteria ketuntasan atau 71% dengan rata-rata
nilai kelas 72. Sedangkan pada siklus II minat siswa menunjukkan peningkatan skor 90% dengan jumlah
siswa yang memenuhi KKM sebanyak 21 orang atau 95% dengan rata-rata nilai kelas 86.
.
Kata kunci: Minat, Problem Based Learning, Panas