Pengaruh kurikulum merdeka terhadap kualitas belajar siswa sekolah dasar

Authors

  • Dian Eriza Yufani Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap, Indonesia
  • Mawan Akhir Riwanto Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap, Indonesia
  • Urip Umayah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap, Indonesia

Keywords:

Education, , Independent Curriculum, Elementary School

Abstract

Pendidikan sangat penting perannya dalam kehidupan manusia, dengan pendidikan manusia dapat meningkatkan kualitas hidup dan dapat memecahkan masalah dengan berpikir kritis dan praktis. Pendidikan menjadi sorotan karena merupakan tempat pengembangan sumber daya manusia. Setiap pendidikan yang dilakukan di lembaga pendidikan membutuhkan kurikulum. Ketika terjadi perubahan pada kurikulum, dibutuhkan sebuah proses yang melibatkan seluruh stake holder, bermula dari munculnya kesadaran bahwa perubahan itu selalu terjadi dalam siklus kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi pada awal pergantian kurikulum guru sebagai pendidik belum mampu menerapkan kurikulum baru secara menyeluruh, di beberapa daerah fasilitas yang dimiliki sekolah menjadi kendala tidak berhasilnya penerapan kurikulum baru, serta perubahan kurikulum tentu saja membutuhkan sosialisasi kepada guru-guru yang merupakan pelaksana di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kurikulum merdeka terhadap kualitas belajar siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Data diambil dari buku, jurnal dan sumber lainnya yang terkait dengan pendidikan terutama bidang kurikulum. Perubahan kurikulum dapat membawa dampak positif dan negatif bagi kualitas sebuah pendidikan. Dampak positifnya yaitu pelajar dapat belajar dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju. Sementara dampak negatifnya adalah perubahan kurikulum yang begitu cepat menimbulkan masalah-masalah baru seperti menurunnya prestasi siswa. Namun demikian, beberapa hal haruslah menjadi pertimbangan pemangku kebijakan dan pelaksana pendidikan, sehingga Kurikulum Merdeka dapat diimplementasikan dengan tepat serta menyempurnakan Kurikulum 2013 dalam pendidikan di Sekolah Dasar.

References

Airlanda, P. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, P. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Emmett Grames. (2020). Dampak Kurikulum 2013 terhadap Guru dan Siswa SD. 4, 14. https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Faiz, Aiman Kurniawaty, Imas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/973

Fatmiyati, N. (2022). Persepsi Guru Kelas Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Pada Materi Matematika. Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 19–23.

Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (n.d.). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. 07.

Ikhsanudin. (2017). Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.(Indarta et al., 2022)

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Maladerita, W., Septiana, V. W., Gistituati, N., & Betri, A. (2021). Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4771–4776. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1507

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Maskur, Anwar, M. K., & Trianah. (2021). Implementasi Pembelajaran Blended Learning Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Magistra, 12(2), 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs

Mawati, A. T., Hanafiah, & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primar Edu, 1(1), 69–82. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/316/89

Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan

Dasar, 1, 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nanuru, R. F. (2013). Progresivisme Pendidikan dan Relevansinya di Indonesia. Jurnal UNIERA, 2, 132–143.

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar

Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56).

Wahyuni, dkk. 2019. “JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan).” Jurnal Manajemen Dan

Supervisipendidikan 3(2000):130–37.

Published

2023-06-12

How to Cite

Yufani, D. E., Riwanto, M. A. ., & Umayah, U. . (2023). Pengaruh kurikulum merdeka terhadap kualitas belajar siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 68–72. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/15173

Citation Check