STRATEGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

Penulis

  • Farid Ahmadi Universitas Negeri Semarang
  • Ely Shovrotul Khoiriyah Universitas Negeri Semarang

Abstrak

Proses pembelajaran sebagai kegiatan utama yang diterapkan dalam satuan pendidikan baik sekolah maupun universitas, pada setiap kegiatan pembelajaran pendidik perlu menerapkan strategi dan inovasi pembelajaran yang tepat. Pendidik di era milenial harus mengoptimalkan  proses belajar mengajar dengan baik, meskipun di masa pandemi peserta didik belajar di rumah, yang mana pendidik dituntut untuk mendesain media dalam pembelajaran sebagai inovasi dan alternative menggunakan media daring atau online. Kegiatan belajar mengajar di masa pandemi, dimana dosen atau guru melakukan pembelajaran secara jarak jauh atau daring menggunakan plat form dengan menyiapkan strategi maupun inovasi dalam pembelajaran diantaranya 1) tetap menerapkan prinsip utama dan pertama itu kesehatan dan keselamatan dengan protokol yang harus dipatuhi, selanjutnya 2) melakukan analisis terhadap perkembangan peserta didik dan kemampuan ekonomi dengan teknologi yang berbeda-beda, 3) mampu merancang dan mendesain pembelajaran daring, 4) pendidik memilih media dan membatasi sejauh mana cakupan aplikasi yang cocok dengan materi serta metode belajar yang akan digunakan, 5) menjadikan pembelajaran yang menyenangkan dan adanya keterlibatan peserta didik sehingga melatih peserta didik belajar dengan tekun serta menyelesaikan kewajiban dan tanggung jawabnya, 6) melakukan refleksi pembelajaran daring secara berkala, 7) membentuk komunitas untuk dukungan psikososial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran membentuk proses pembelajaran jarak jauh atau daring secara terarah, dan optimal. Inovasi pembelajaran tercipta pengalaman baru serta kreatifitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di masa pandemi.

Referensi

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 25–34. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hamid, A.R.A. H. (2020). Social responsibility of medical journal: a concern for COVID-19 pandemic. Medical Journal of Indonesia, 29(1), 1–3. https://doi.org/10.13181/mji.ed.204629

Kusuma Ningtyas, D., Virnawati, F., Paramitta, T., & Wayan Simri, I. (2008). Analisis Perilaku Pengguna Sistem E-Learning Universitas Gunadarma. Seminar Ilmiah Nasional Komputer Dan Sistem Intelijen Auditorium Universitas Gunadarma, (Kommit), 20–21.

Ni’mah, F. I. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Pada

Homeschooling “Sekolah Dolan". Manajemen Pendidikan, 25(1), 112–119.

Noesgaard, S. S., & Ørngreen, R. (2015). The effectiveness of e-learning: An explorative and Integrative review of the definitions, methodologies and factors that promote e-Learning effectiveness. Electronic Journal of E-Learning, 13(4), 278–290.

Prayito. (2010). Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme B E R B a N T U a N E-Learning Materi. Pendidikan E-Learning, (2), 1–9.

Puspita Sari, A., & Setiawan, A. (2018). The Development of Internet-Based Economic Learning Media using Moodle Approach. International Journal of Active Learning, 3(2), 100–109. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal.

Rahmawati, F. (2016). E-Learning Implementation: Its Opportunities and Drawbacks Perceived by EFL Students. Journal of Foreign Languange Teaching and Learning, 1(1). https://doi.org/10.18196/ftl.111

Rahmawati, S. D. (2009). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa Pjj S1 Pgsd Universitas Negeri Semarang.

Sa’ud, Udin Syaefuddin. 2009. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-09