Archives

  • Prosiding Seminar Nasional PGSD UST
    Vol. 1 No. 1 (2023)

    Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya Seminar Nasional Pendidikan tahun 2023 pada hari sabtu, 20 Mei 2023 dengan tema “Tantangan dan Inovasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Berbasis Ajaran Ki Hadjar Dewantara”. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E. dari Universitas Negeri Jakarta dan Dr. Biya Ebi Praheto, M.Pd. dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, sebagai pembicara yang telah berkenan membagikan ilmu dan pengalamannya. Serta para pemakalah seminar yang telah berkontribusi membagikan ide-ide cemerlangnya dalam artikel yang dikirimkan. Kepada seluruh peserta kami ucapkan selamat bersilaturahim dan selamat berweminar semoga sukses dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat.

    Kegiatan ini merupakan forum ilmiah sebagai ajang bertukar pikiran, pengetahuan, pengalaman, inovasi penelitian dan gagasan yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran di Era Merdeka belajar. Ada 35 makalah yang menyajikan garis isu berbeda yang membahas topik-topik seperti (1) Teknologi Pembelajaran di Sekolah Dasar, (2) Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital di Sekolah Dasar, (3) Pembelajaran Hybrid dan Blended di Sekolah Dasar, (4 ) Media Pembelajaran di SD, (5) Kurikulum Pembelajaran Mandiri di SD, (6) Pendidikan Karakter Era Digital di SD, (7) Pendidikan Tamansiswa di sekolah dasar , (8) Pendidikan Inklusif Era Digital di SD, (9) Pembelajaran Pasca Pandemi Covid 9 di Sekolah Dasar, dan (10) Kompetensi Komunikatif Antarbudaya. 

  • PROSIDING WEBINAR NASIONAL PGSD UST 2022
    Vol. 1 No. 1 (2022)

    Salam dan Bahagia
    Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karuniaNya sehingga dapat terselenggara webinar nasional hari ini, Sabtu, 23 April 2022. Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dalam webinar nasional dengan tema “Merdeka Belajar dalam Pendidikan Tamansiswa untuk Mewujudkan Generasi Adaptif di Abad 21”. Pemilihan tema ini karena pendidikan yang bermutu harus terus diupayakan. Pendidikan diarahkan untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, mampu menghasilkan manusia Indonesia yang religius, cerdas, produktif, andal, tangguh, dan komprehensif melalui merdeka belajar dalam Pendidikan Tamansiswa sehingga terwujud generasi yang adaptif di abad 21. Kegiatan ilmiah ini akan memberikan nilai kebermanfaatan, baik bagi mahasiswa, alumni, guru, dosen, seluruh peserta seminar nasional, dan masyarakat pada umumnya. Kegiatan ini bekerjasama dengan Himpunan Dosen PGSD Indonesia dan diharapkan dapat dijadikan sebagai wadah untuk menjalin silaturahim ilmiah seluruh civitas akademika di seluruh Indonesia.
    Ucapan terima kasih disampaikan Dr. Widya Kamila Sari Achmad, M.Pd. dari Universitas Negeri Makassar, Dr. Wuri Wuryandani, M.Pd. dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan Dr. Rosidah Aliim Hidayat, M.Pd. dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, serta para pemakalah seminar. Kepada seluruh peserta kami ucapkan selamat bersilaturahim dan selamat berweminar semoga sukses dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat.
    Atas nama panitia, mohon maaf atas segala kekurangan dalam melayani seluruh peserta webinar dan mohon maaf apabila dalam penyusunan prosiding masih banyak terdapat kekurangan. Semoga prosiding ini dapat bermanfaat. Hanya ucapan terima kasih yang dapat kami sampaikan sebagai wujud apresiasi positif kepada seluruh peserta dan pemakalah pendamping. Selain itu, panitia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia keluarga besar PGSD UST yang telah dengan ikhlas menyiapkan segalanya, sejak persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut kegiatan webinar ini.
    Salam.

  • Prosiding Seminar Nasional PGSD UST
    Vol. 1 (2020)

    Seminar Nasional PGSD UST 2020 dilaksanakan pada Sabtu 10 Oktober 2020 dengan tema “Inovasi Pendidikan di Era Milenalâ€. Pemilihan tema ini karena para pendidik, sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan, harus mengupgrade kompetensi dalam menghadapi era pendidikan milenial. Peserta didik yang dihadapi pendidik saat ini merupakan generasi milenial yang tidak asing lagi dengan dunia digital. Peserta didik sudah terbiasa dengan arus informasi. Ini menunjukkan bahwa produk sekolah yang diluluskan harus mampu menjawab tantangan inovasi. Kegiatan ilmiah ini akan memberikan nilai kebermanfaatan, baik bagi mahasiswa, alumni, guru, dosen, seluruh peserta seminar nasional, dan masyarakat pada umumnya. Kegiatan ini bekerjasama dengan Himpunan Dosen PGSD Indonesia dan diharapkan dapat dijadikan sebagai wadah untuk menjalin silaturahim ilmiah seluruh civitas akademika di seluruh Indonesia.