PENERAPAN INKUIRI BERBANTUAN MEREALIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI
Abstract
Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi  dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan media realia pada materi sel. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik SMA Negeri 1 Ceper kelas XI IPA 4 semester 1 tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 24 orang yaitu 14 wanita dan 10 laki-laki. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan , pengamatan dan  refleksi . Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri 2 jam pelajaran (2x45 menit). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri berbantuan merealia dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik. Aktivitas peserta didik  meningkat setiap siklus dengan ketercapaian indikator pra siklus tercatat  2 cukup baik dan 3 kurang  baik dari 5 indikator, siklus I tercatat 1 baik dan 4 cukup baik dan pada siklus II menunjukkan peningkatan indikator baik menjadi 4 dan cukup baik hanya 1 indikator. Rata-rata nilai peserta didik meningkat setisp siklus yaitu 54,29; 72,04 dan 78,96.  Prosentase peserta didik yang tuntas juga mengalami peningkatan yaitu 38%, 79% dan 92%.
Kata Kunci: Inkuiri, Merealia (Media Realia), Prestasi Belajar
References
Akhnita, KY Margiati dkk. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Realia Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Kusuma
Suharsimi Arikunto. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Sund dan Throwbridge. (2042). Teaching science by Inquiry in The Secondary School. Columbus: Charles E Merill Publishing Company.
Widya Sarni. (2012). Penggunaan Media Realia Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SDN 11 Segarau Kabupaten Sambas.