PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI DISIPLIN TATA TERTIB SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 KLATEN

Penulis

  • nurul faizah SMA Negeri 2 Klaten

Abstrak

 Pembentukan karakter melalui perilaku disiplin sangat penting untuk masa depan siswa. Perilaku disiplin memiliki karakter seperti ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan ketertiban menjadi hal terpenting untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Menerapkan pembentukan karakter siswa melalui perilaku disiplin oleh guru bertujuan mendorong siswa semakin berprestasi, berkepribadian baik, dan bermartabat sebagai individu. Penelitian ini mengkaji mengenai pembentukan karakter siswa melalui penanaman disiplin di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan dengan memakai pendekatan psikologis analitik dan sosiologis. Penelitian ini berasal dari sumber primer mengenai materi perkembangan peserta didik, pendidikan karakter siswa, dan jurnal.Sedangkan, sumber sekunder berupa literatur penunjang yang relevan dari hasil wawancara langsung dengan petugas STP2K. Data yang telah diperoleh dari sumber data tersebut dikumpulkan, diseleksi, kemudian dibahas dengan menggunakan teknik interpretasi untuk memahami secara benar pembentukan karakter siswa melalui sikap disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa sering berperilaku membolos dan terlambat sekolah. Penanganan yang telah dilakukan oleh petugas STP2K yaitu memberikan bimbingan, pengarahan, dan sanksi bila diperlukan. Sehingga dari penanganan tersebut, mampu menghasilkan pribadi yang jujur, toleran, tanggung jawab, kreatif, disiplin, dan mandiri di lingkungan sekolah maupun lingkungan bermasyarakat..

 

Referensi

Dewantara, KH. (1967). Ki Hadjar Dewantara. Jogjakarta: Majelis Leluhur Taman Siswa

Kompas.Com: https://edukasi.kompas.com/read/2018/09/07/23340011/5-karakter-ini-perlu-

ditanamkan-sejak-dini-di-sekolah?page=all

Lickona, Thomas. 2013. Educating for Cha- racter (Mendidik untuk Membentuk Ka-

rakter). Terj. oleh Juma Abdu Wama- ungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia

Heritage Foundation

Mulyono (2000). Pengertian Tata Tertib [online] http://www.psychologymania.com/2013/02/pengertian.tatertibsekolah.html)

Siswanto, 2002. Manajamen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan

Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Suradisastra, Djodjo. 1991. Pendidikan IPS I. Jakarta: Depdikbud. Suratman, 1999.

Pembinaan Mental, Fisik dan Disiplin. Jakarta: LAN.

Usman,M.U (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung:Remaja Rosdakarya

Wikipedia. 2015. “Masa Remaja.†http://- id.wikipedia.org/w/index.php?title= Remaja&

veaction= edit&vesection=2. Diakses Maret 2015.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-16

Terbitan

Bagian

Artikel