PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN TAKTIS KOLABORATIF MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL

Authors

  • azis mushofa PROGRAM STUDI PEP UST YOGYAKARTA SMPN 1 CANDIMULYO MAGELANG, Indonesia

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: 1. Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran bola voli dengan menggunakan pendekatan ketrampilan taktis kolaboratif menggunakan audio visual? 2.  Seberapa banyak peningkatan hasil belajar bola voli siswa dengan diterapkannya pendekatan ketrampilan taktis kolaboratif menggunakan audio visual ? 3. Bagaimanakah perubahan perilaku yang menyertai peningkatan hasil belajar bola voli siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan ketrampilan taktis kolaboratif menggunakan audio visual ? . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dalam tiga siklus  yang terdiri dari Pembelajaran bola voli  melalui pendekatan ketrampilan taktis kolaboratif menggunakan media audio visual dengan masalah taktis mempertahankan penguasaan bola, melakukan penyerangan, mempertahankan penguasaan bola untuk mendukung teman. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP N I Candimulyo Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang. Dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, ada peningkatan prestasi belajar siswa dari sebelum PTK sampai akhir siklus, yaitu  Nilai rata-rata 63.29 dengan ketuntasan klasikal 40.50%, pada siklus I , Nilai rata-rata 70.53 dengan ketuntasan klasikal 78.60%,pada siklus II ,  Nilai rata-rata 86.64 dengan ketuntasan klasikal 100%, pada akhir siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  pembelajaran bola voli  melalui pendekatan ketrampilan taktis kolaboratif menggunakan media audio visual dapat meningkatkan prestasi  belajar bola voli, peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkann kinerja guru

KataKunci: Ketrampilan Taktis, Audio Visual dan Prestasi belajar

 

Published

2019-10-16

Issue

Section

Artikel

Citation Check