MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MIXMINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI

Authors

  • zumrotul fitriyah PROGRAM STUDI PEP UST YOGYAKARTA SDN MEJING 2CANDIMULYO MAGELANG, Indonesia

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: 1. Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan mixmint untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi FPB pada siswa kelas VI SDN  Mejing 2 Candimulyo ?.2. Seberapa banyak peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri berbantuan mixmint ?. 3. Bagaimanakah perubahan perilaku yang menyertai peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan mixmint  pada siswa kelas VI SDN Mejing 2 Candimulyo ?..Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)sebanyakduaputaran.Setiapputaranterdiridariempattahapyaitu:Perencanaan,Tindakan,Pengamatan,Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN Mejing 2 Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (74,4%), siklus II (86,1%),

Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri berbantuan mixmint dapat berpengaruh positif terhadap  hasil belajar Siswa kelas VI SDN Mejing 2 Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang.

 

KataKunci: Belajar,Hasil belajar,Peningkatan hasil belajar,dan model pembelajaran inkuiri.

 

Published

2019-10-16

Issue

Section

Artikel

Citation Check