PENGARUH MOTIVASI DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Albertus Arif SD Tarakanita Bumijo 1 Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) menguji dan menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika; 2) menguji dan menganalisis pengaruh tanggung jawab belajar terhadap prestasi matematika; 3) menguji dan menganalisis pengaruh motivasi dan tanggung jawab belajar terhadap prestasi matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VI SD Tarakanita Bumijo 1 Yogyakarta pada tahun 2018-2019. Sampel adalah 32 siswa yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling dari seluruh VI yang terdiri dari 128 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda, yang sebelum melakukan metode itu, peneliti melakukan pra-analisis; normalitas, uji independen, dan uji linearitas. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh dari motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi belajar matematika, ada pengaruh motivasi dan tanggung jawab belajar terhadap peningkatan prestasi belajar matematika; 56,5%

Published

2019-10-16

Issue

Section

Artikel

Citation Check