LITERASI DENGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Yuni Pratiwi SD Negeri Percobaan 3 Pakem Sleman Program Studi Penelitian Evaluasi Pendidikan, UST Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai prebedaan prestasi belajar siswa pada pembelajara yang mengimplementasikan kegiatan literasi dengan bantuan media komik dan kegiatan literasi dengan bantuan media selain komik (buku teks). Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah randomized control group pre-test dan post-test design. Teknik analisa dat menggunaka uji U Mann-Whitney dengan taraf signifikansi 5%.  Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar IPA yang dicapai oleh dua kelompok. Peningkatan prestasi belajar IPA yang dicapai oleh siswa dengan pembelajaran yang mengimplementasikan kegiatan literasi berbantuan media komik adalah 6.15 dan peningkatan prestasi belajar IPA yang dicapai oleh siswa dengan pembelajaran yang mengimplementasikan kegiatan literasi berbantuan buku teks adalah 3.35 . Peningkatan  prestasi belajar IPA yang dicapai oleh siswa dengan pembelajaran yang mengimplementasikan kegiatan literasi berbantuan media komik lebih tinggi dari pada yang berbantuan media buku teks. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran IPA yang mengimplementasikan kegiatan literasi berbantuan media komik memberikan sumbangan positif terhadap peningkatan prestasi belajar

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-16

Terbitan

Bagian

Artikel