EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PENILAIAN GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN TIK

Penulis

  • Pitoyo Budi Santoso

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media penilaian Google Form pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar siswa Kelas IX SMP Negeri 9 Purworejo apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas IX A dan IX B SMP Negeri 9 Purworejo. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media penilaian Google Form dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh t hitung > t tabel (2.870 > 1,66980 1, serta nilai signifikansi (P) adalah 0.006 < ∠(0.05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa media penilaian Google Form efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 9 Purworejo.

Referensi

Dwi Purwati, Alifi Nur Prasetia Nugroho. 2018. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah

Berbasis Google Formulir Di SMA N 1 Prambanan. Jurnal Istoria. UNY

Kurnia Shinta Dewi. 2011. Efektivitas E-learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri Depok. Yogyakarta: UNY.

Nana Sudjana & Ibrahim. 2006. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, Prosedur. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-16

Terbitan

Bagian

Artikel