UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP

Authors

  • Triana Kustiati SMPN1 Pakis Kabupaten Magelang Program Studi Penelitian Evaluasi Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam menyiapkan RPP Melalui Workshop Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi di SMP Negeri 1 Kabupaten Pakis Magelang bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan rencana pembelajaran melalui Workshop mengembangkan indikator pembelajaran pencapaian kompetensi di SMP Negeri 1 Pakis Magelang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Tindakan Kepemimpinan (RTK) yang dilakukan untuk guru di SMP Negeri 1 Pakis Magelang dengan melakukan workop 2 siklus, setiap siklus termasuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan RPP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sangat mendukung dalam meningkatkan standar proses pendidikan di sekolah, kepemilikan RPP dan alat belajar lainnya sangat penting. Bagi seorang guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran, pengamatan guru yunior adalah upaya untuk meningkatkan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah, melakukan studi manajerial adalah alat pelatihan untuk mengasah kemampuan calon kepala sekolah dalam menganalisis masalah di lapangan, dan mencari solusi alternatif dan meningkatkan kompetensi di sekolah lain menggunakan kegiatan studi banding dan mengamati salah satu kompetensi kepala sekolah

Published

2019-10-16

Issue

Section

Artikel

Citation Check