IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) PADA GURU
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen penilaian kinerja guru di MI Ma’arif Ngadipuro Dukun Magelang, meliputi tahap: 1. perencanaan, 2. pelaksanaan, 3. Tindaklanjut penilaian kinerja guru, dan 4. hambatan dalam PKG. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen hasil PKG. Teknik analisis data meliptui reduksi, penyajian data analisis dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen PKG, yang diperoleh dengan mengoptimalkan fungsi manajemen pendidikan, berdasarkan Petunjuk Teknis PKG, memberikan hasil positif terhadap peningkatan kualitas implementasi manajemen penilaian kinerja guru. Hasil positif tersebut terlihat pada aspek 1. perencanaan, 2. pelaksanaan, 3. Tindaklanjut, dan 4. teridentifikasi hambatan dalam PKG. Hasil PKG dapat memetakan 4 kompetensi guru ( Profesional, Pedagogik, kepribadian, dan sosial dan Guru melaksanakan tugasnya sesuai Tupoksi.
Â
Kata kunci: implementasi, penilaian kinerja guru