IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) PADA GURU

Authors

  • Har Tono PROGRAM STUDY PEP UST, Indonesia

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk  mendeskripsikan dan menganalisis  implementasi manajemen  penilaian kinerja guru di MI  Ma’arif Ngadipuro Dukun Magelang, meliputi tahap: 1. perencanaan, 2. pelaksanaan, 3. Tindaklanjut  penilaian kinerja guru, dan 4. hambatan dalam PKG. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen hasil PKG. Teknik analisis data meliptui reduksi, penyajian data analisis dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi  manajemen PKG, yang diperoleh dengan mengoptimalkan  fungsi manajemen pendidikan, berdasarkan Petunjuk Teknis PKG, memberikan hasil  positif terhadap peningkatan  kualitas implementasi manajemen penilaian kinerja guru. Hasil  positif tersebut terlihat pada aspek 1. perencanaan, 2. pelaksanaan, 3. Tindaklanjut, dan 4. teridentifikasi hambatan dalam PKG. Hasil PKG dapat memetakan 4 kompetensi guru ( Profesional, Pedagogik, kepribadian, dan sosial dan  Guru  melaksanakan tugasnya sesuai Tupoksi.

 

Kata kunci: implementasi, penilaian kinerja guru

Published

2019-10-31

Issue

Section

Artikel

Citation Check