MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL STAD BERBANTUAN KARTU BICARA

Penulis

  • setyo ernawati SMK Negeri 8 Purworejo

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas X TKRO A SMK Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Kartu Bicara. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan, angket dan tes tertulis. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 39%, setelah dilaksanakan siklus I ketuntasan sebesar 67% pada tindakan siklus II, ketuntasan mencapai 92%. Metode ini juga dapat meningkatkan motivasi belajar. Melalui data angket diketahui motivasi belajar siswa pada pra siklus 63,89% pada kategori sedang, kemudian pada siklus I yaitu 80,56% pada kategori tinggi, dan meningkat pada siklus II menjadi 88, 89% pada kategori tinggi. Aktivitas siswa diamati melalui observasi terdiri dari tiga indikator yaitu responsive, proaktif dan tanggung jawab. Pada siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh skor akhir 61% pada kriteria baik, siklus II skor akhir mencapai 87% berada pada kriteria sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-16

Terbitan

Bagian

Artikel