MENINGKATKAN PRESTASI LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MEDIA PERINTANG/MISTAR

Penulis

  • javid natsir

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian  lapangan di bidang pendidikan, khususnya bidang pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada siswa SMK YPP. Pengambilan data di laksanakan dalam 2 siklus pembelajaran dengan prosedur setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dalam penelitian ini adalah memberikan ketrampilan lompat jauh pada kelas yang menjadi subjek penelitian .Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi lompat jauh Gaya Jongkok pada siswa SMK Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 melalui media perintang/ mistar. Data ketrampilan siswa di ambil, selanjutnya di olah untuk ditemukan peningkatan prestasi yang dicapai pada setiap siklus, sehingga memberikan ilustrasi yang nyata mengenai proses pembelajaran yang terjadi. Hasil penelitian menunjukan seberapa peningkatan pada siklus II. Pada kondisi awal 56,3%, siklus I 68,8%, siklus II 87,5%. Menunjukan bahwa proses tindakan berhasil meningkat. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu, melalui media perintang/ mistar dapatmeningkatkan prestasi lompat jauh Gaya Jongkok  pada siswa kelas X TITL pada Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020dapat diterima.

 

Kata Kunci: Lompat Jauh Gaya Jongkok, Media Perintang/Mistar

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Adi sasmita, Yusuf. (1992). Olahraga Pilihan Atletik,Jakarta, Depdikbud Dirjen

Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

Aip Syarifuddin dan Muhadi.(1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.Jakarta : Depdikbud

Benhard Gunter. (1993). Atletik Prinsip Dasar Latihan Loncat Tinggi, Jauh, Jangkit dan Loncat

Galah. Semarang: Dahara Prize

Djumidar. 2007. Dasar-Dasar Atletik. Jakarta : Universitas Terbuka

Eddy Suparman. (1990). Pengertian Lompat Jauh. http://www.sarjanaku.com/2011/09/lompat-jauh-pengertian-teknik-faktor.html

Kokasih, Engkos (1981). Olahraga dan Kesehatan Untuk SMP. BPK Gunung Mulia: Jakarta

Soedarminto dan Soeparman. 1993. Materi Pokok Kinesiolog i. Jakarta: Depdikbud.

Losidi. (2011). Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Media Bantu Kardus pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Cikembulan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-16

Terbitan

Bagian

Artikel