EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK

Penulis

  • sigit tri wibowo SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol, nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen, perbedaan hasil belajar kelas kontrol dengan kelas ekperimen pada mata pelajaran Seni Budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini kelas X yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperiment. Kelas eksperimen menggunakan media vidio sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Desain yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelas kontrol nilai rata-rata posttest lebih rendah dibandingkan kelas ekperimen, kelas eksperimen nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, rata-rata nilai posttest kelas ekperimen > kelas kontrol, yang berarti hasil belajar kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, pada uji paired t-test, hasil yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 penggunaan media belajar berbasis vidio dalam pembelajaran Seni Budaya lebih efektif.

Referensi

Ali Gunawan,Muhammad. 2015. Statistik Penelitian Bidang Pendidikan Psikologi Dan Sosial. Yogyakarta : Parama Publising.

Arikunto, Suharsimi dan Abdul Jabar, Cepi Safrudin. (2008) Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritisbagi Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, Indonesia.

Aziz ,Resky. 2014.â€Pengaruh Penggunaan Vidio Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darahâ€. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Hal 461-466.

Vuspa, Licia Sin. 2017 “ Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fikih MTS Patra Mandiri Plaju Palembang, UIN Raden Fatah, Palembang.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Indonesia.

Fauziah, Retno.2016 “ Efektiftas Penggunaan Modul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X di SMK N 1 Kalasan. UNY Yogyakarta

Sadiman, Arief S. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-16

Terbitan

Bagian

Artikel