PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP KETELADANAN GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • PURWATA PURWATA PEP PASCA SARJANA UST, Indonesia

Abstract

Keteladanan adalah faktor yang dominan dalam penguatan pendidikan karakter. Seberapa besar sikap keteladanan yang ditunjukkan guru di Gugus Kusuma Bangsa Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang selama ini belum secara spesifik diukur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penilaian sikap keteladanan guru  yang telah dilakukan, (2) untuk menghasilkan pedoman pengembangan instrumen penilaian sikap keteladanan guru yang telah dibakukan, meliputi indikator, kisi-kisi, validitas butir, reliabilitas, validitas isi, validitas konkuren dan validitas konstruk melalui Penelitian dan Pengembangan. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan dan pedoman wawancara untuk mengetahui pengukuran sikap keteladanan guru yang telah dilakukan dan untuk mengetahui ketersediaan  instrumen penilaian sikap keteladanan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran sikap keteladanan guru secara spesifik belum dilakukan dan instrumen penilaian sikap keteladanan guru belum tersedia dan belum banyak dikembangkan. Dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan pedoman pengembangan  instrumen penilaian sikap keteladanan guru yang baku untuk mengukur sejauh mana sikap keteladanan guru dimiliki.

Published

2019-10-16

Issue

Section

Artikel

Citation Check