Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari minat belajar siswa
DOI:
https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa dalam memecahkan masalah matematika yang ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Boyolangu pada siswa kelas VII-A dengan subjek sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes angket minat belajar dan tes masalah himpunan. Teknik pengumpulan data meliputi tes angket minat belajar, tes masalah himpunan dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu pemahaman konsep subjek yang memiliki minat belajar tinggi dalam memecahkan masalah dapat menyatakan ulang konsep dengan jelas dan benar, mampu mengklasifikasikan objek menurut sifatnya, mampu menerapkan konsep operasi himpunan dengan benar, menyajikan konsep himpunan dalam bentuk representasi matematika yang tepat, dapat mengaitkan konsep yang digunakan sehingga dapat memecahkan masalah dengan benar.
Downloads
References
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djaelani, Bisri. 2011. Psikologi Pendidikan. Sukamaju Depok: CV Arya Duta.
Nikmah, Nur Sholekhatun. & Masduki. 2016. Penggunaan Peta Konsep dalam Penilaian Pemahaman Konsep Lingkaran. Makalah disajikan dalam Prosiding di Universitas Muhammadiyah Surakarta. 12 Maret 2016.
Nursalam. 2007. Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Russ Media.
Polya, G. 1973. How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.
Rusyan, Tabrani. 2013. Membangun Guru Berkualitas. Jakarta: PT. Dinamika Pendidikan.
Saad, N. S. & Ghani, A. S. 2008. Teaching Mathematics in Secondary School: Theories and Practices. Perak: University Pendidikan Sultan Idris.
Slameto. 2009. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarjono. 2004. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryadi, Didi. 2008. Pembelajaran Pemecahan Masalah. Bekasi: Karya Duta Wahana.
Syaiful. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Edumatica, 2(1). 36-44.
Usman, M. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2018 Siti Komariyah, Dian Septi Nur Afifah, Gaguk Resbiantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC-BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.