KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL TES KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII

An Nuril Maulida Fauziah(1*), Tutut Nurita(2), Deviana Eka Ratna Saftri(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/sosio.v3i1.1514

Abstract

This research aims to describe the effectiveness of worksheet based on a scientific approach on the vibration and wave materials based on activity and science process skill test. This research uses Pre-Experimental design form with One Group Pretest Posttest Design research design. The subjects of this research are students of 8th grade SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo 2016/2017 school year totaling 26 students. Data collection in this research using the method of observation and test, using student activity sheet instrument and science process skill test sheets. The result of research for student activity has percentage of 85,10%. Classic completeness can be achieved with the percentage of 80.77% and students can improve the science process skills with n-Gain score of 0.80 which belongs to high category.


Keywords : effectiveness, scientific approach, science process skill

References


Agustanti, T.H. 2012. Implementasi Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), (1):16-20,

(http%3A%2F%2Fjournal.unnes.ac.id%2Fnju%2 Findex.php%2Fjpii%2Farticle%2Fdownload%2

F2007%2F2121, diakses 11 Juni 2017)

Atmojo, S.E. 2010. Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa terhadap Profesi Pengrajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan

Etnosains, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), 1(2):115-122, (http://download.portalgaruda.org/ article.php?article, diakses 11 Juni2017)

Budijastuti, W. 2010. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Bahasa Inggris dengan Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Sistem Pernapasan untuk Kelas XI SMA RSBI. Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (1) : 25-28.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Ekapti, Rahmi Faradisya dkk. 2014. Pengaruh LKS IPA Tema Perfum Kulit Jeruk Beorientasi Pendekatan SETS Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), (02) 1, (http://ejournal.unesa. ac.id/index.php/pensa/article/view/6994/9543,

diakses 17 Oktober 2016).

Hake, Richard R. 1999. Analyzing Change/Gain Score, (Online), (http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf, diakses 8 Oktober 2016).

Henikusniati dkk. 2015. Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMK Negeri 3 Mataram. E-Journal Penelitian Pendidikan IPA, (Online). Vol. 1, No. 2, (http://download.portalgaruda.org/article.php?article, diakses 11 Juni 2017)

Khayota, Jesda., Somsong Sitti, dan Kanyarat Sonsupap. 2015. The Curriculum Development for Science Teachers’ Training: The Action Lesson Focusing on Science Process Skills. Educational Research dan Reviews, (Online), Vol.10, No.23, (http://files.eric. ed.gov/fulltext/EJ1080296.pdf, diakses 19 Oktober 2016).

Jaya, Gede Wiratma dkk. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Eksperimen pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Tenggarong. Saintifika (Online), 16 (2): 22-29,(http://id.portalgaruda.org/article.php?article=431495&val=6173, diakses 10 Juni 2017)

Karsli, F & Sahin, C. 2009. Developing Worksheet Based on Science Prosess Skills: Factors Affecting Solubility. Journal Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching, 10 (1): 1-12.

Liandari, Eka dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Merumuskan dan Menguji Hipotesis Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains dengan Metode Praktikum. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, (Online), Voi. 2, No.1, (http://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/download/4904/pdf, diakses 28 Mei 2017).

Marjan, Johari., Putu Arnyana, dan Nyoman Setiwan. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (Online), Vol.4, No.1,

(http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ ipa/articl/viewFile/131 6/1017, diakses 20 Oktober 2016).

Nuh, Mohammad. 2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nur, Muhammad dan Prima Retno Wikandari. 2008. Pengajaran Berpusat pada Iswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/madrasah Aliyah Kejuruan (Online), (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud70-2013KD-StrukturKurikulum-SMKMAK.pdf, diakses tanggal 10 Juni 2017)

Putri, B.K dan Widiyatmoko. 2013. Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Tema Darah di SMPN 2 Tengaran. Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia, (Online). 2 (2) : 102-106, (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=136321&val=5655, diakses 11 Juni 2017)

Susilowati, 2014. Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 (Online),(http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/susilowati-spdsipdsi/

penguatan-content-knowledgekeintegrasian-materi-ipa-dalamimplementasikurikulum-2013.pdf, diakses 10 Juni 2017)

Toharudin, U., Hendrawati, S., dan Rustaman, H.A.2011. Membangun Literasi Peserta Didik.Bandung: Humaniora.

Widiyanti, Fenny dkk. 2013. Efektivitas Metode Observasi dengan LKS Word Square terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Lembaran Ilmu Kependidikan, (Online), 42 (2): 84-92, (http://download.portalgaruda.or/article.php?article,diakses 11 Juni 2017)

Wijayanti, A. 2014. Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), 3(2):102-108,(http://download.portalgaruda.org/article.php?article,diakses 12 Juni 2017)

Yuniastuti, E. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelasm VII SMP Kartika V-I Balikpapan. Jurnal Penelitian Pendidikan, (Online), 14 (1):. 78-86, (http://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/download/3509/2489, diakses 12 Juni 2017)


Article Statistic

Abstract view : 464 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 350 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora