ENHANCING MULTIMEDIA STUDENTS’ INVOLVEMENT THROUGH PROJECT-BASED LEARNING MODEL

Titi Lestari(1*), Imam Ghozali(2)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/sosio.v3i2.1617

Abstract

Masih terbatasnya guru yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa disebabkan bukan karena pembelajaran tersebut tidak dapat diimplementasikan, melainkan pembelajaran yang berpusat pada siswa memiliki tantangan akademik tersendiri yang memerlukan tekad dan usaha dari guru. Artikel ini mengungkapkan hasil pengembangan model pembelajaran berbasis proyek (PBL) untuk siswa SMK jurusan Multimedia untuk mengetahui seberapa jauh model pembelajaran tersebut meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Borg dan Gall, 2003) dengan model modifikasi Sukmadinata (2010). Data diperoleh melalui observasi, analisis dokumen dan wawancara mendalam, serta dianalisis menggunakan model analisis kualitiatif  Miles, Huberman dan Saldana (2014). Model yang dikembangkan divalidasi melalui diskusi kolaboratif dan penilaian ahli. Model (course grid) yang dikembangkan mencakup kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, aktivitas pembelajaran, penilaian dan media. Tahapan PBL meliputi spekulasi, perancangan proyek, pelaksanaan proyek, dan evaluasi. Alat penilaian berupa tugas individu, lembar progres dan rubrik proyek. Hasil ujicoba model mengungkapkan bahwa siswa terlibat secara signifikan selama proses pengerjaan proyek dan presentasi. Tantangan dari PBL adalah siswa memerlukan waktu yang relatif panjang untuk menyelesaikan produk proyek mereka.

 

References


Brown, H. D. 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy second edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Dick, W., L. Carey, dan J. O. Carey. 2005. The Systematic Design of Instruction. 6th edition. Pearson. Boston

Gall, M.D., J. P. Gall, dan W. Borg. 2003. Educational Research: An Introduction. Pearson, Boston.

Kriwas, S. 1999. Environmental Education, a Handbook for Educators. Athens: Ministry of Education. (in Greek).

Miles, M.B., Huberman, A.M. & Saldana, J. 2014.Qualitative Data Analysis. A methods source book. 3rd ed. USA: Sage.

Nation, P. 2007. The Four Strands. Journal of the Innovation in Language Teaching and Learning. Vol (1), No. 1.

Nation, I.S. P& Macalister, J. 2010. Language Curriculum Design. New York:Routledge.

Paige, J. 2009. The 21st Century Skills Movement. Education Leadership Journal. Vol (67), No. 1.

Storey, C. W. 2007. Insight Into Language Curriculum Development. Japan: The University of Kitakyushu.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Wina, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Article Statistic

Abstract view : 403 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 349 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora