ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DI TINJAU DARI SELF-CONCEPT

Melly Susanti(1*)
(1) Ikip siliwangi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/sosio.v4i2.2751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari self concept siswa kelas VIII SMP Negri 10 Cimahi. Metode ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekan kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal komunikasi matematis yang dilihat dari self-concept. penelitian ini di ujikan ke pada 22 siswa yang menjadi Sampelnya adalah 9 siswa. sampel yang di tentukan dilakukan dengan mengambil 3 siswa yang memiliki self concept tinggi, 3 siswa yang memiliki self concept sedang, dan 3 siswa yang memiliki self concept rendah. Hasil analisis data menunjukan kemampuan komuikasi matematis untuk siswa yang memiliki self concept tinggi yaitu 2 siswa menunjukan tes kemampuan komunikasi matematisnya cukup dan 1 siswa yang rendah. kemampuan komuikasi matematis untuk siswa yang memiliki self concept sedang yaitu 2 siswa menunjukan tes kemampuan komunikasi matematisnya baik dan 1 siswa yang rendah. kemampuan komuikasi matematis untuk siswa yang memiliki self concept rendah yaitu 2 siswa menunjukan tes kemampuan komunikasi matematisnya kurang dan 1 siswa yang cukup.

References


Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Retrieved from jakarta bumi aksara

Darkasy, M., Johar, R., Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21-34.

Haerudin. (2013). Pengaruh Pendekatan Savi terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Infinit, 2(2), 183-193.

Hidayat, W. (2013). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Berfikir Logis serta Diposisi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematiaka, 1(1), 2338-8315.

Hendiana, H. Rohaeti, E. dan Sumarmo, U. (2014). HARD SKILLS dan SOFT SKILLS. Bandung: Refika Aditama.

Maulani, D., Suyono, Noornia, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditijau dari Self-concept Siswa di SMAN Kecamatan Tambun Selatan Bekasi. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2),14-24.

Minarti, E. D., Nurfauziah, P. (2016). Pendekatan Konsturktivisme dengan Model Pembelajaran Generatif Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis Serta Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Dikota Cimahi. Jurnal Ilmiah P2m STKIP Siliwangi, 3(2), 68-83.

Pamungkas, A. . (2015). Kontibusi Self-Concept Matematis dan Mathematics Anxiety terhadap hasil Belajar Mahasiswa, 8(2), 55–60.

Pratiwi, D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender, 6(2), 131 – 141.

Wijaya, T. T., Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Komunikasi Siswa SMK. Jurnal JPMI, 1(1), 53-60.

Sulastri, S. (2013). Perbedaan Kemampuan komunikasi Matematik Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Jigsaw dan Coopertaive Script. Prosiding Seminar Nasional Matematika Pendidikan Matematika. 5, 1137-1144.

Sumarmo, D. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Refika Aditama.

Wardani, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Menggunakan CTL di MTS Nurul Hakim Tembung., 1(1), 25–31.

Widiarti, W. P. (2017). Konsep Diri (Self Concept) dan Komunkasi Interpersonal dalam Pendampingan pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta, 47(1), 135–148.


Article Statistic

Abstract view : 1490 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 1419 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora