TELAAH TEKNIK DAN BENTUK PENILAIAN DALAM BUKU TEKS SISWA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013

TELAAH TEKNIK DAN BENTUK PENILAIAN DALAM BUKU TEKS SISWA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013

Authors

  • Siti Rochmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Desy Rufaidah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.3060

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) teknik penilaian aspek pengetahuan, (2) teknik penilaian aspek keterampilan, dan (3) bentuk penilaian aspek pengetahuan dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013. Data penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, dan wacana yang memuat konten-konten tentang teknik dan bentuk penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan buku teks siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII dan VIII Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini meliputi teknik penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan serta bentuk penilaian aspek pengetahuan. Teknik penilaian aspek pengetahuan meliputi teknik tulis, lisan, dan penugasan. Teknik tulis dan penugas terdapat dalam semua bab. Teknik penilaian aspek keterampilan meliputi praktik, produk, proyek, dan portofolio, tidak semua teknik terdapat dalam bab yang terdapat dalam buku teks siswa. Bentuk penilaian aspek pengetahuan meliputi pilihan ganda, isian, benar salah, menjodohkan, uraian, tanya jawab, penugasan individu di dalam sekolah, penugasan individu di luar sekolah, penugasan kelompok di dalam sekolah, dan penugasan kelompok di luar sekolah. Tidak semua bentuk penilaian ada pada tiap bab. Bahkan bentuk pilihan ganda dan penugasan kelompok di luar sekolah tidak terdapat pada buku teks siswa kelas VII.

Kata kunci: telaah buku teks, teknik penilaian, bentuk penilaian

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-09-20

How to Cite

Rochmiyati, S., & Rufaidah, D. (2018). TELAAH TEKNIK DAN BENTUK PENILAIAN DALAM BUKU TEKS SISWA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.3060

Issue

Section

Article
Loading...