KONTRIBUSI KOMUNIKASI INTEPERSONAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

Ngatinah Ngatinah(1*), Agustina Sri Purnami(2)
(1) SD N Kalibawang Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulon Progo
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/sosio.v5i1.4049

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kontribusi komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional dan komitmen organisasi sekolah terhadap kinerja guru dalam perspektif pembinaan guru SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo secara parsial maupun secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional, omitmen organisasi sekolah dan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo dengan ukuran populasi 200 orang. Besarnya sampel ditentukan berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael untuk taraf kesalahan 5% yaitu 127 orang. Penetapan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional dan komitmen organisasi sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam perspektif pembinaan guru SD Negeri Se - kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo baik secara parsial maupun secara simultan.

                                   

Kata Kunci:    kinerja guru, komunikasi intepersonal, kecerdasan emosional, komitmen organisasi sekolah.

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Day, A.L., & Carroll, S.A., 2004, Using an ability-based measure of intelligence to predict individual performance and group citizentship behaviours. Personality and IndividualDifference, 36, 1443-1458.

De Vitto, LA. 1998. Interpersonal Communication. New York: Herper and Row Publishing Co.

Farikhah, U.I.; Syihabudhin dan Churiyah, M. 2012. Analisis Komitmen Organisasi dan Motivasi Berprestasi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru (Studi pada Guru SMA Laboratorium UM). Diakses dari fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2012/08/Jurnal-Ulil.pdf.

Mangkunegara, A.P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Raju, P. M. & Srivastava, R.C. 1994. Factors Contributing to Commitment to The Teaching Proffesion. International Journal of Educational Management, Vol. 8 (5): 7-13.]

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : CV Alfabeta

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Malang: ANDI.

Syarfalaila. 2013. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru di Sekolah Daerah Terpencil (Studi Deskriptif Kualitatif Pada SMP Negeri Satu Atap 42 Seluma). Tesis. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Bengkulu.

Winkel, S., 2004, Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.


Article Statistic

Abstract view : 282 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 380 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora