NILAI PERILAKU YANG BENAR DALAM BUKU TEKS BAHASA INGGRIS KELAS X SMA

Jelita Farni Napitupulu(1*)
(1) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/sosio.v5i1.4056

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tetang nilai humanistik perilaku yang benar yang ditinjau dari monolog, dialog, dan latihan dalam buu teks pelajaran bahasa Inggris SMA. Buku yang digunakan adalah buku teks bahasa Inggris SMA kelas X penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis isi.

Data dikumpulkan melalui tahapan pembacaan buku teks secara seksama, mengidentifikasi, pengkodean, dan pengklasifikasian. Prosedur analisis data yang digunakan adalah analisis isi oleh Philip Marying. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa: 1) nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks latihan adalah nilai kemampuan beretika dengan indikator pola aturan. 2) Nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks dialog adalah nilai kemampuan sosial dengan indikator hubungan baik. 3)Nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks monolog adalah nilai dalam kemampuan beretika dengan indikator ketekunan.

Hasil temuan mengarah pada rekomendasi untuk menjadikan penelitian ini sebagai model pengembangan kajian dalam buku teks pelajaran berbasis nilai-nilai humanistik sehingga dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan objek kajian yang lain dalam buku teks. Hal ini juga direkomendasikan kepada para pendidik dan siswa untuk menggali nilai-nilai humanistik dalam buku teks yang relevan agar berimplikasi pada pengembangan pendidikan karakter.

 

Kata Kunci: Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris, Nilai Humanistik, Nilai Perilaku Benar

References


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tetang nilai humanistik perilaku yang benar yang ditinjau dari monolog, dialog, dan latihan dalam buu teks pelajaran bahasa Inggris SMA. Buku yang digunakan adalah buku teks bahasa Inggris SMA kelas X penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis isi.

Data dikumpulkan melalui tahapan pembacaan buku teks secara seksama, mengidentifikasi, pengkodean, dan pengklasifikasian. Prosedur analisis data yang digunakan adalah analisis isi oleh Philip Marying. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa: 1) nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks latihan adalah nilai kemampuan beretika dengan indikator pola aturan. 2) Nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks dialog adalah nilai kemampuan sosial dengan indikator hubungan baik. 3)Nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks monolog adalah nilai dalam kemampuan beretika dengan indikator ketekunan.

Hasil temuan mengarah pada rekomendasi untuk menjadikan penelitian ini sebagai model pengembangan kajian dalam buku teks pelajaran berbasis nilai-nilai humanistik sehingga dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan objek kajian yang lain dalam buku teks. Hal ini juga direkomendasikan kepada para pendidik dan siswa untuk menggali nilai-nilai humanistik dalam buku teks yang relevan agar berimplikasi pada pengembangan pendidikan karakter.

Kata Kunci: Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris, Nilai Humanistik, Nilai Perilaku Benar


Article Statistic

Abstract view : 163 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 175 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora