HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN KECEMASAN SISWA TERHADAP ULANGAN HARIAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI PROVINSI D. I. YOGYAKARTA

Tourmalina Judaniastuti(1*)
(1) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/sosio.v5i1.4072

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi D. I.  Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Nasional di Bantul tahun ajaran 2017/2018 dan sampel penelitian sebanyak 138 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment. Hipotesis penelitian adalah ada hubungan megatif antara regulasi diri dalam belajar dan kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan harian pada siswa SMK di Provinsi D. I. Yogyakarta. Hasil uji coba Skala Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian koefisien reliabilitasnya adalah 0,833. Koefisien reliabilitas Skala Regulasi Diri dalam Belajar adalah 0,843. Hipotesis  diterima dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,257 dengan p < 0,01.

 

Article Statistic

Abstract view : 210 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 542 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora